Tak terasa ini adalah bulan ke 6 kami menyelenggarakan kegiatan kursus pemograman untuk kalangan umum di Lippo Cikarang. Beragam upaya untuk memberikan layanan, materi dan metode pengajaran yang lebih baik terus kami lakukan untuk memastikan kualitas pembelajaran yang kami sampaikan dapat diterima dengan baik dan memberikan manfaat bagi peserta kursus.

Beragam kursus telah kami selenggarakan antara lain ‘Pemograman Dasar Umum 8 -18 tahun’, kursus ‘Pembuatan Website menggunakan  CMS WordPress’, kursus ‘Pembuatan Aplikasi Profesional Android Menggunakan Ionic’, hingga kursus  ‘Administrasi menggunakan Microsoft Excel’.

Pesertanya pun beragam, dari siswa sekolah SD kelas 4 hingga kalangan dewasa, baik yang baru mau mengenal pemograman dasar hingga peserta yang sudah tergolong programmer profesional.

Tahun 2016 telah banyak memberikan pelajaran kepada kami untuk senantiasa berupaya memperbaiki layanan kami, oleh karena itu pada tahun 2017 ini kami telah menambah fasilitas ruang kelas baru, ruang kelas yang kami persiapkan untuk materi kursus lanjutan yang kami luncurkan pada bulan januari ini yaitu ‘Kursus Lanjutan Kreatif 2 App Inventor’.

Sekilas tentang App Inventor,

Seperti halnya App Lab, App Inventor adalah IDE (Integrated Development Environment) yang digunakan untuk membuat aplikasi sederhana hingga komplek  yang berjalan pada browser. Pada App Inventor diperkenalkan metode pembuatan aplikasi Mobile mulai dari perancangan antar muka/ Design, alur bisnis/ script dan penyimpanan data/ database online.

App Inventor menggunakan pendekatan pemrograman Block dengan bahasa pemrograman Java sehingga peserta dapat memahami proses transisi antara proses pemrograman block sebelumnya ke pemograman Blok yang lebih lengkap mengacu kepada pemograman aplikasi Android secara mudah.

Pada App Inventor peserta akan dibimbing dan diuji untuk menerapkan prinsip-prinsip pemrograman yang telah dipelajari pada kursus 1- 4 untuk membuat sebuah aplikasi baik bertema game atau lainnya dengan menggunakan fungsi-fungsi internal yang sudah disediakan. Kelebihan dari App Inventor adalah aplikasi yang dibuat langsung dapat menghasilkan file .apk yang dapat dijalankan pada perangkat Android, atau di unggah ke Google Play Store.

Aplikasi Apa yang bisa dibuat dengan App Inventor :

Games, Aplikasi Pembelajaran, Aplikasi berbasis lokasi/ geolocation, SMS texting, Remote Controll, Realtime database App, dll.

“App Inventor adalah IDE untuk pembuatan aplikasi Android yang di rancang agar mudah digunakan oleh berbagai kalangan baik para pemula yang baru saja belajar pemrograman hingga profesional yang membutuhkan kecepatan, dengan kualitas hasil aplikasi yang cukup baik.”

Kenapa setelah belajar App Lab perlu belajar App Inventor ?

Saat ini perkembangan pembuatan Aplikasi Mobile tersedia 2 metode yaitu yang dikenal dengan metode pemograman Native (Android, Ios, Window Phone, Tizen), dan yang berikutnya adalah pemograman Hybrid dengan teknology Web Standard (HTML 5, CSS3, Javascript). Dengan menguasai dasar keduanya peserta dapat mengoptimalkan kedua teknologi masa depan tersebut.

Informasi mengenai App Inventor dapat ditemukan disini : http://appinventor.mit.edu/explore/

Informasi kurikulum kursus dapat ditemukan disini : https://logicfourty.com/kursus/dasar-pemograman-untuk-siswa-dasar-dan-menengah/dasar-pemograman-kreatif-umum-8-18-tahun/

 

Materi ini ditulis oleh LogicFourty, Lembaga kursus komputer yang berfokus pada Software Development dan Internet Of Things.

Berlokasi di Ruko Permata No. 17 Taman Lembah Hijau Lippo Cikarang Bekasi.

Leave a Reply