Beberapa waktu lalu saya pernah menulis tentang program pemerintah mengenai visinya untuk menempatkan Indonesia sebagai negara dengan kapasitas ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020. Lihat selengkapnya di sini : E-Commerce di Indonesia.

Mungkin sebagian kita masih bertanya-tanya, kenapa ?, dan untuk apa ?.

Pengguna Internet di Indonesia,

Berdasarkan data survey dari sebuah lembaga independen yang mengamati tentang aktifitas digital di dunia menyebutkan bahwa hingga Januari 2017 tercatat 51% atau 132,7 juta penduduk Indonesia telah mengakses internet, meningkat 51% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Dimana dari 77% penggunanya secara rutin melakukan akses internet setiap harinya.

Aktifitas pengguna Internet di Indonesia,

Dari sekian banyak pengguna tersebut aktifitas sosial media dan pencaharian adalah aktifitas tertinggi yang dilakukan dan smartphone menjadi salah satu media yang paling banyak digunakan.

Aktifitas/ Media

Email

Sosial Media

Pencaharian

Info Produk

Musik

Smartphone

14%

62%

32%

9%

6%

Komputer

7%

16%

12%

3%

2%

Peluang ekonomi,

Dalam hukum ekonomi populasi menjadi salah satu faktor yang sangat penting, semakin besar populasi akan semakin besar potensi permintaannya. Dengan semakin besarnya populasi pengguna Internet ini berarti akan meningkatkan potensi permintaan didalamnya, artinya ini akan meningkatkan kapasitas ekonomi digitalnya. Dengan rata-rata pertumbuhan 50% tiap tahunnya, kira-kira berapa populasi internet di Indonesia selanjutnya ?

Apa kaitannya dengan digital marketing?

Anda seorang marketing atau pengusaha?, kapankah Anda memutuskan memasarkan produk Anda? pagi hari, siang atau malam ?

Anda seorang konsumen?, kapankah Anda memutuskan sarapan, makan siang atau makan malam?

Transaksi ekonomi terjadi ketika ada ketersediaan dan ada permintaan, tantangan terbesarnya adalah mempertemukannya. Kapan waktu tersedia dan kapan waktu dibutuhkan. Kebutuhan konsumen umumnya dapat diwakili dengan empat micro moment yaitu moment ketika ingin mengetahui sesuatu (I want to knows moments), moment ketika ingin pergi ke suatu tempat (I want to go moments), moment ketika ingin melakukan sesuatu (I want to do moments), dan moment ketika ingin membeli sesuatu (I want to buy moments).

Bisnis yang ditemukan ketika sebuah moment terjadi memiliki potensi kemenangan lebih tinggi, maka dari itu sebagai seorang marketing dan pengusaha untuk memenangkan persaingan tersebut, kita harus memastikan :

  • Kita ada ketika mereka membutuhkan.
  • Kita mampu memberikan informasi yang relevan yang mereka inginkan.
  • Kita mampu melayani dengan penuh kemudahan ketika transaksi dilakukan.

Bagaimana itu dilakukan ?

66% pengguna smartphone setuju bahwa ketika micro moment terjadi padanya, mereka menggunakan smartphone untuk mencari informasi lebih jauh.

Oleh karenanya ketersediaan informasi produk dan layanan kita pada kanal digital menjadi penting dan mutlak dilakukan. Dengan sifatnya yang tidak terbatas waktu dan tempat kanal digital seperti website, fan fage menjadi satu kekuatan tersendiri, ketersediaannya mampu mewakili kita untuk dapat memenangkan dalam pertarungan memenuhi micro moment tersebut diatas.

Apakah usaha Anda telah memiliki website dan Fan Fage ?