Excel untuk Marketing

Dalam dunia bisnis terutama pada divisi marketing agar strategi yang diterapkan mampu mencapai sasaran maka dibutuhkan perhitungan yang tepat. Anda yang bekerja dalam bidang ini senantiasa dihadapkan pada perhitungan dan prediksi atau forecasting mengenai trend penjualan. Untuk mempermudah pekerjaan tersebut, tentunya dibutuhkan sebuah aplikasi yang mampu mengolah data dan menampilkan outputnya secara cepat.

Microsoft Excel adalah salah satu jawabannya, dan kabar baiknya Microsoft Excel telah bertransformasi menjadi sebuah perangkat pengelola data yang sangat canggih salah satunya adalah terintegrasinya Microsoft Excel dengan Microsoft Power BI yang akan membantu Anda dengan cepat menampilkan data menjadi sebuah dashboard informasi/ Key Performance Indicator.

Ini artinya dengan memahami Microsoft Excel dan Power BI dengan baik, Anda yang bekerja dalam bidang marketing akan sangat terbantu dalam mengkombinasikan beragam data dan menganalisa situasi pasar secara cepat dan lebih akurat.

Bagi Anda yang yang membutuhkan keahlian ini, segera ikuti kursus Microsoft Excel yang kami rancang secara singkat dan padat. Kursus Microsoft Excel untuk Sales dan Marketing ini akan dibagi kedalam empat (4) pertemuan dengan sasaran materi umum yang membahas contoh kasus nyata pada kegiatan harian Anda sebagai tenaga marketing, dan bagaimana pembahasan ini akan menunjukan kepada Anda bagaimana cara memanfaatkan sebaik-baiknya kekuatan Microsoft Excel dan Power BI, antara lain :

  1. Sekilas fitur-fitur dasar Microsoft Excel : Mengelola Workbook, Worksheet, Cells, Range, memformat data, membuat table.
  2. Fitur-fitur lanjutan Microsoft Excel : Mengaplikasikan formula dan fungsi, merangkum data dengan fungsi, mendefinisikan logika kondisi pada sebuah fungsi, memformat dan memodifikasi text dengan fungsi.
  3. Power Query dan Power Pivot : Menggunakan fasilitas Power Query untuk mengkombinasikan data dari beragam sumber dan menampilkannya pada sebuah rangkuman data dan dashboard pada Microsoft Excel.
  4. Power BI : Mengenal Power BI desktop dan Power BI Service, mengkombinasikan data dari beragam sumber dan menampilkannya pada sebuah dashboard dan membaginya kepada pihak lain.

Perangkat dan persiapan bahan :

  • Chrome browser with internet connection/ wifi.
  • Corporate email.
  • Ms Office Excel 2013, 2016 with Power Query Add On, Power BI Desktop.
  • Catatan kebutuhan khusus peserta seperti kasus-kasus kerja yang ingin dipecahkan.

Butuh kursus Microsoft Excel dasar dan lanjut ?

Microsoft Excel

Kenapa belajar ASP.NET MVC

Kenapa belajar c# dan ASP.NET MVC 5!
C# adalah sebuah bahasa pemrograman cross-platform yang dapat digunakan untuk berbagai macam aplikasi Desktop. Dengan C# juga kita dapat membuat aplikasi Web dan aplikasi mobile seperti Windows Phone, Android dan iOS.

Setelah kita memahami dasar bahasa pemrograman C# dan .NET Framework, kita mempunyai banyak sekali pilihan yang dapat kita lakukan. Seperti diatas, kita bisa membuat aplikasi desktop, web maupun mobile.

Karena kebutuhan yang tinggi programmer dengan penguasaan bahasa pemograman C# dan penguasaan framemork ASP.NET, Edutek media meluncurkan kusrsus “WEB APLIKASI ASP.NET MVC” info : https://edutekmedia.co.id/layanan/kursus-komputer/web-aplikasi-asp-net-mvc/, Pada kursus ini, pembahasan akan difokuskan pada pengenalan dasar bahasa pemrograman C# dan implementasinya langsung pada sebuah proyek pembuatan aplikasi Web menggunakan framework Web ASP.NET MVC 5.

Kenapa Aplikasi Web ?, ya karena dengan perkembangan internet saat ini dan kebutuhan aplikasi yang tersentral maka platform Web menjadi salah satu pilihannya.

Digital Marketing Apa Itu ?

Beberapa waktu lalu saya pernah menulis tentang program pemerintah mengenai visinya untuk menempatkan Indonesia sebagai negara dengan kapasitas ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020. Lihat selengkapnya di sini : E-Commerce di Indonesia.

Mungkin sebagian kita masih bertanya-tanya, kenapa ?, dan untuk apa ?.

Pengguna Internet di Indonesia,

Berdasarkan data survey dari sebuah lembaga independen yang mengamati tentang aktifitas digital di dunia menyebutkan bahwa hingga Januari 2017 tercatat 51% atau 132,7 juta penduduk Indonesia telah mengakses internet, meningkat 51% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Dimana dari 77% penggunanya secara rutin melakukan akses internet setiap harinya.

Aktifitas pengguna Internet di Indonesia,

Dari sekian banyak pengguna tersebut aktifitas sosial media dan pencaharian adalah aktifitas tertinggi yang dilakukan dan smartphone menjadi salah satu media yang paling banyak digunakan.

Aktifitas/ Media

Email

Sosial Media

Pencaharian

Info Produk

Musik

Smartphone

14%

62%

32%

9%

6%

Komputer

7%

16%

12%

3%

2%

Peluang ekonomi,

Dalam hukum ekonomi populasi menjadi salah satu faktor yang sangat penting, semakin besar populasi akan semakin besar potensi permintaannya. Dengan semakin besarnya populasi pengguna Internet ini berarti akan meningkatkan potensi permintaan didalamnya, artinya ini akan meningkatkan kapasitas ekonomi digitalnya. Dengan rata-rata pertumbuhan 50% tiap tahunnya, kira-kira berapa populasi internet di Indonesia selanjutnya ?

Apa kaitannya dengan digital marketing?

Anda seorang marketing atau pengusaha?, kapankah Anda memutuskan memasarkan produk Anda? pagi hari, siang atau malam ?

Anda seorang konsumen?, kapankah Anda memutuskan sarapan, makan siang atau makan malam?

Transaksi ekonomi terjadi ketika ada ketersediaan dan ada permintaan, tantangan terbesarnya adalah mempertemukannya. Kapan waktu tersedia dan kapan waktu dibutuhkan. Kebutuhan konsumen umumnya dapat diwakili dengan empat micro moment yaitu moment ketika ingin mengetahui sesuatu (I want to knows moments), moment ketika ingin pergi ke suatu tempat (I want to go moments), moment ketika ingin melakukan sesuatu (I want to do moments), dan moment ketika ingin membeli sesuatu (I want to buy moments).

Bisnis yang ditemukan ketika sebuah moment terjadi memiliki potensi kemenangan lebih tinggi, maka dari itu sebagai seorang marketing dan pengusaha untuk memenangkan persaingan tersebut, kita harus memastikan :

  • Kita ada ketika mereka membutuhkan.
  • Kita mampu memberikan informasi yang relevan yang mereka inginkan.
  • Kita mampu melayani dengan penuh kemudahan ketika transaksi dilakukan.

Bagaimana itu dilakukan ?

66% pengguna smartphone setuju bahwa ketika micro moment terjadi padanya, mereka menggunakan smartphone untuk mencari informasi lebih jauh.

Oleh karenanya ketersediaan informasi produk dan layanan kita pada kanal digital menjadi penting dan mutlak dilakukan. Dengan sifatnya yang tidak terbatas waktu dan tempat kanal digital seperti website, fan fage menjadi satu kekuatan tersendiri, ketersediaannya mampu mewakili kita untuk dapat memenangkan dalam pertarungan memenuhi micro moment tersebut diatas.

Apakah usaha Anda telah memiliki website dan Fan Fage ?

2017 tahunnya kreatif

Tak terasa ini adalah bulan ke 6 kami menyelenggarakan kegiatan kursus pemograman untuk kalangan umum di Lippo Cikarang. Beragam upaya untuk memberikan layanan, materi dan metode pengajaran yang lebih baik terus kami lakukan untuk memastikan kualitas pembelajaran yang kami sampaikan dapat diterima dengan baik dan memberikan manfaat bagi peserta kursus.

Beragam kursus telah kami selenggarakan antara lain ‘Pemograman Dasar Umum 8 -18 tahun’, kursus ‘Pembuatan Website menggunakan  CMS WordPress’, kursus ‘Pembuatan Aplikasi Profesional Android Menggunakan Ionic’, hingga kursus  ‘Administrasi menggunakan Microsoft Excel’.

Pesertanya pun beragam, dari siswa sekolah SD kelas 4 hingga kalangan dewasa, baik yang baru mau mengenal pemograman dasar hingga peserta yang sudah tergolong programmer profesional.

Tahun 2016 telah banyak memberikan pelajaran kepada kami untuk senantiasa berupaya memperbaiki layanan kami, oleh karena itu pada tahun 2017 ini kami telah menambah fasilitas ruang kelas baru, ruang kelas yang kami persiapkan untuk materi kursus lanjutan yang kami luncurkan pada bulan januari ini yaitu ‘Kursus Lanjutan Kreatif 2 App Inventor’.

Sekilas tentang App Inventor,

Seperti halnya App Lab, App Inventor adalah IDE (Integrated Development Environment) yang digunakan untuk membuat aplikasi sederhana hingga komplek  yang berjalan pada browser. Pada App Inventor diperkenalkan metode pembuatan aplikasi Mobile mulai dari perancangan antar muka/ Design, alur bisnis/ script dan penyimpanan data/ database online.

App Inventor menggunakan pendekatan pemrograman Block dengan bahasa pemrograman Java sehingga peserta dapat memahami proses transisi antara proses pemrograman block sebelumnya ke pemograman Blok yang lebih lengkap mengacu kepada pemograman aplikasi Android secara mudah.

Pada App Inventor peserta akan dibimbing dan diuji untuk menerapkan prinsip-prinsip pemrograman yang telah dipelajari pada kursus 1- 4 untuk membuat sebuah aplikasi baik bertema game atau lainnya dengan menggunakan fungsi-fungsi internal yang sudah disediakan. Kelebihan dari App Inventor adalah aplikasi yang dibuat langsung dapat menghasilkan file .apk yang dapat dijalankan pada perangkat Android, atau di unggah ke Google Play Store.

Aplikasi Apa yang bisa dibuat dengan App Inventor :

Games, Aplikasi Pembelajaran, Aplikasi berbasis lokasi/ geolocation, SMS texting, Remote Controll, Realtime database App, dll.

“App Inventor adalah IDE untuk pembuatan aplikasi Android yang di rancang agar mudah digunakan oleh berbagai kalangan baik para pemula yang baru saja belajar pemrograman hingga profesional yang membutuhkan kecepatan, dengan kualitas hasil aplikasi yang cukup baik.”

Kenapa setelah belajar App Lab perlu belajar App Inventor ?

Saat ini perkembangan pembuatan Aplikasi Mobile tersedia 2 metode yaitu yang dikenal dengan metode pemograman Native (Android, Ios, Window Phone, Tizen), dan yang berikutnya adalah pemograman Hybrid dengan teknology Web Standard (HTML 5, CSS3, Javascript). Dengan menguasai dasar keduanya peserta dapat mengoptimalkan kedua teknologi masa depan tersebut.

Informasi mengenai App Inventor dapat ditemukan disini : http://appinventor.mit.edu/explore/

Informasi kurikulum kursus dapat ditemukan disini : https://logicfourty.com/kursus/dasar-pemograman-untuk-siswa-dasar-dan-menengah/dasar-pemograman-kreatif-umum-8-18-tahun/

 

Materi ini ditulis oleh LogicFourty, Lembaga kursus komputer yang berfokus pada Software Development dan Internet Of Things.

Berlokasi di Ruko Permata No. 17 Taman Lembah Hijau Lippo Cikarang Bekasi.

Kenapa Belajar Excel ?

Memiliki kemampuan pengolahan dan menganalisa data pada saat ini adalah salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seseorang yang bergelut dengan kegiatan administrasi, baik untuk aktifitas pribadi, bisnis maupun aktifitas pekerjaan di kantor.

Dengan kemampuan ini apalagi di dukung dengan penguasaan perangkat kerja/ aplikasi komputer pengolah data menjadi sebuah kelebihan yang akan sangat membantu seseorang mempermudah pekerjaannya dan menghasilkan informasi bernilai tinggi.

Salah satu perangkat kerja tersebut adalah Microsoft Excel, yaitu sebuah aplikasi komputer pengolah data buatan perusahaan perangkat lunak Microsoft. Microsoft Excel sendiri telah tersedia sejak tahun 1985 dengan 13 versi pembaharuan seperti Excel 2007, 2010, 2013, dan saat ini telah tersedia versi Microsoft Excel 2016.  Microsoft Excel menjadi salah satu perangkat lunak yang paling banyak digunakan di perkantoran hingga saat ini.

Sekilas tentang Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah sebuah perangkat lunak pengolah data berupa lembar kerja spreadsheet. Bagian utama Excel terdiri dari sebuah Workbook, WorkSheet dan Cell. Didalam lembar kerja inilah kita dapat membuat dan melakukan pengolahan data serta menampilkannya baik berupa table maupun visualisasi chart atau grafik.

Kemampuan Excel tidak saja hanya membuat tabel, format, chart tetapi juga mempunyai kemampuan otomatisasi dengan rumus-rumus menggunakan fungsi internal atau bagi pengguna advance/ lanjutan dapat dikembangkan lebih jauh menggunakan macro dan pemrograman VBA (Visual Basic For Application) serta diintegrasikan dengan data dan perangkat lunak lainnya dari luar.

excel-integrated-power-bi

Apa yang bisa dibuat dengan Microsoft Excel ?
  • Mengelola dan menganalisa serta menampilkan data berupa tabular data
  • Grapik data dan laporan kegiatan
  • Laporan Keuangan
  • Integrasi dengan database online
  • Dan lainnya…
Apa yang bisa Anda lakukan dengan keahlian ini ?
  • Mengelola data dan membuat informasi berupa tabular data atau grafik.
  • Melakukan otomatisasi pekerjaan dalam mengolah data dan membuat laporan.
  • Membuat laporan keuangan dan dashboard perusahaan.

Ayo segera mulai kursus, lihat info lengkapnya disini :  https://logicfourty.com/kursus/microsoft-words-excel-power-point-access/microsoft-excel/

Materi ini ditulis oleh LogicFourty, Lembaga kursus komputer yang berfokus pada Software Development dan Internet Of Things.

Berlokasi di Ruko Permata No. 17 Taman Lembah Hijau Lippo Cikarang Bekasi.

E-Commerce di Indonesia

KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

Paket Kebijakan Ekonomi XIV: Peta Jalan E-Commerce!

Jakarta, 10 November 2016

Jakarta – Pemerintah memiliki visi untuk menempatkan Indonesia sebagai negara dengan kapasitas digital ekonomi terbesar di Asia Tenggara pada 2020. Indonesia adalah salah satu pengguna internet terbesar di dunia, mencapai 93,4 juta orang dan pengguna telepon pintar (smartphone) mencapai 71 juta orang.

Dengan potensi yang begitu besar, pemerintah menargetkan bisa tercipta 1.000 technopreneurs dengan valuasi bisnis sebesar USD 10 miliar dengan nilai e-commerce mencapai USD 130 miliar pada tahun 2020.

“Masalahnya, kita belum memiliki peta jalan pengembangan e-commerce nasional yang menjadi acuan pemangku kepentingan, di samping adanya berbagai peraturan/ketentuan terkait e-commerce yang tidak mendorong tumbuh kembangnya kegiatan ekonomi masyarakat,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution saat mengumumkan Paket Kebijakan Ekonomi XIV, Kamis (10/11), di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Karena itulah pemerintah merasa perlu menerbitkan Peraturan Presiden tentang Peta Jalan E-Commerce untuk mendorong perluasan dan peningkatan kegiatan ekonomi masyarakat di seluruh Indonesia secara efisien dan terkoneksi secara global. Peta jalan e-commerce ini sekaligus dapat mendorong kreasi, inovasi, dan invensi kegiatan ekonomi baru di kalangan generasi muda.

“Caranya adalah memberikan kepastian dan kemudahan berusaha dalam memanfaatkan e-commerce dengan menyediakan arah dan panduan strategis untuk mempercepat pelaksanaan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik pada periode 2016-2019,” tambah Darmin.

Menurut Darmin, kebijakan ini akan mengutamakan dan melindungi kepentingan nasional, khususnya terhadap UMKM serta pelaku usaha pemula (start-up). Selain itu, juga mengupayakan peningkatan keahlian sumber daya manusia pelaku Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (e-commerce). Kebijakan ini akan menjadi acuan bagi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah serta pemangku kepentingan lainnya dalam menetapkan atau menyesuaikan kebijakan sektoral dan rencana tindak lanjut pelaksanaan e-commerce pada bidang tugas masing-masing.

Dalam Perpres tentang Peta Jalan E-Commerce yang segera terbit ini, terdapat 8 aspek regulasi, yaitu:

1. Pendanaan berupa: (1) KUR untuk tenant pengembang platform; (2) hibah untuk inkubator bisnis pendamping start-up; (3) dana USO untuk UMKM digital dan start-up e-commerce platform; (4) angel capital; (5) seed capital dari Bapak Angkat; (6) crowdfunding; dan (7) pembukaan DNI.

2. Perpajakan dalam bentuk: (1) pengurangan pajak bagi investor lokal yang investasi di start-up; (2) penyederhanaan izin/prosedur perpajakan bagi start-up e-commerce yang omzetnya di bawah Rp 4,8 Miliar/tahun; dan (3) persamaan perlakuan perpajakan sesama pengusaha e-commerce.

3. Perlindungan Konsumen melalui: (1) Peraturan Pemerintah tentang Transaksi Perdagangan melalui Sistem Elektronik; (2) harmonisasi regulasi; (3) sistem pembayaran perdagangan dan pembelanjaan barang/jasa pemerintah melalui e-commerce; dan (4) pengembangan national payment gateway secara bertahap.

4. Pendidikan dan SDM terdiri dari: (1) kampanye kesadaran e-commerce; (2) program inkubator nasional; (3) kurikulum e-commerce; dan (4) edukasi e-commerce kepada konsumen, pelaku, dan penegak hukum.

5. Logistik melalui: (1) pemanfaatan Sistem Logistik Nasional (Sislognas); (2) penguatan perusahaan kurir lokal/nasional; (3) pengembangan alih data logistik UMKM; dan (4) pengembangan logistik dari desa ke kota.

6. Infrastruktur komunikasi melalui pembangunan jaringan broadband.

7. Keamanan siber (cyber security): (1) penyusunan model sistem pengawasan nasional dalam transaksi e-commerce; (2) public  awareness tentang kejahatan dunia maya; dan (3) Penyusunan SOP terkait penyimpanan data konsumen, sertifikasi untuk keamanan data konsumen.

8. Pembentukan Manajemen Pelaksana dengan melakukan monitoring dan evaluasi implementasi peta jalan e-commerce.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI

Farah Heliantina

Website: www.ekon.go.id

Twitter: @PerekonomianRI

Email: humas.ekon@gmail.com

Sumber : http://ekon.go.id/press/view/paket-kebijakan-ekonomi-xiv.2858.html

Materi ini ditulis oleh LogicFourty, Lembaga kursus komputer yang berfokus pada Software Development dan Internet Of Things.

Berlokasi di Ruko Permata No. 17 Taman Lembah Hijau Lippo Cikarang Bekasi.

Hybrid Mobile Application

Kebutuhan kolaborasi saat ini mendorong berkembangnya aplikasi-aplikasi berbasis internet yang memungkinkan setiap pengguna dapat menjalankan aplikasi secara tersentral tanpa batasan jarak, tempat dan waktu serta dapat diakses oleh berbagai platform khususnya perangkat bergerak seperti handphone atau tablet yang umumnya berjalan pada O/S Android, Ios dan Window Phone.

Namun membuat aplikasi mobile berbasis Android, Ios dan Window Phone bukanlah hal yang mudah. Developer harus menguasai bahasa pemograman dari Java (Android), Object C (Ios) dan C# (Window Phone).

ionic-html-and-angular-js-visual2Beruntungnya pada tahun 2013 munculah alternatif baru dalam proses pembuatan aplikasi mobile dengan teknologi yang disebut sebagai teknologi ‘Hybrid’ yaitu teknologi pemograman Web meliputi HTML, CSS dan Javasript.

Dan hebatnya lagi dengan menguasai teknologi ini kita dapat mendeploy aplikasi pada tiga platform sekaligus hanya dengan satu source code , mengasyikan bukan ?.

Salah satu framework yang menggunakan teknologi tersebut adalah ‘IONIC‘, sejak pertama kali muncul ionic kini telah menjadi salah satu framework yang banyak digunakan oleh developer, hampir 3000an lebih aplikasi telah dibuat sejak tahun 2014.

Bila Anda tertarik dalam pengembangan aplikasi mobile, Logicfourty telah  menyediakan materi kursusnya. Dalam materi ini kita akan membahas metode pembuatan aplikasi mobile dari dasar, menggunakan teknologi Hybrid dan framework ionic yaitu dengan :

  • Mengenal HTML 5, CSS 3, Javascript,
  • Mengenal Angular.js,
  • Mengenal Cordova,
  • Mengenal Bower dan npm package,
  • Mengenal dan membuat aplikasi menggunakan Ionic framework,
  • Melakukan proses publish ke Google Play Store.

Apa yang bisa Anda lakukan dengan keahlian ini ?

  • Membuat aplikasi mobile (Android, Ios*) berbasis teknologi Hybrid !.
  • Membuka jasa pelayanan membuat aplikasi mobile.

Selain itu dengan mengikuti materi kursus ini Anda dapat sekaligus menguasai dua keahlian yang saat ini sangat dibutuhkan yaitu membuat website dan aplikasi mobile.

Ayo segera mulai kursus, lihat info lengkapnya disini :  https://logicfourty.com/kursus/native-hybrid-mobile-application/hybrid-mobile-app-ionic/

Materi ini ditulis oleh LogicFourty, Lembaga kursus komputer yang berfokus pada Software Development dan Internet Of Things.

Berlokasi di Ruko Permata No. 17 Taman Lembah Hijau Lippo Cikarang Bekasi.

Menggali Potensi Digital

Perkembangan teknologi internet yang begitu pesat yang memicu apa yang disebut dengan revolusi teknologi yang saat ini telah banyak menimbulkan perbincangan dibanyak kalangan, baik kalangan pemerintahan, pengusaha, pendidik bahkan juga para pemerhati anak khususnya. Perbincangan ini tak lepas dari berbagai sudut pandang, apakah dari sisi positifnya dan juga tidak sedikit pula yang melihat dari sisi negatifnya.

Dunia saat ini adalah dunia yang sangat berbeda dengan dunia beberapa dekade lalu. Perubahan terjadi begitu cepat dalam skala eksponensial yang tidak pernah ditemui dalam sejarah umat manusia sebelumnya. Revolusi teknologi menjadi pendorong lompatan perubahan yang akan berpengaruh pada cara kita hidup, cara kita bekerja,dan tentu saja cara kita belajar. Meramalkan masa depan menjadi semakin sulit karena ketidakpastian perubahan yang ada. Namun yang harus kita pastikan kepada anak-anak kita adalah bahwa kita memberikan dukungan sepenuhnya kepada mereka untuk menyiapkan diri meraih kesempatan yang terpampang di hadapannya.

| Pidato Mendikbud 5 Mei 2016

Kalau kita cermati dari kutipan pidato Mendikbud diatas, revolusi teknologi yang kita hadapi saat ini dapat mendatangkan banyak potensi positif jika kita bisa menggalinya. Namun sayangnya baru sebagian kecil saja yang telah memanfaatkannya terutama dikalangan anak muda saat ini.

Hal tersebut tentu bukan tanpa sebab, ketertarikan anak-anak dan orang dewasa terhadap potensi ini tergolong masih setengah-setengah. Kekawatiran akan dampak negatif dari perkembangan tersebut menjadi salah satu momok yang telah disikapi oleh banyak kalangan khususnya orang tua yaitu dengan cara penghindaran, dan pembatasan.

“Tak kenal maka tak sayang “,

Internet saat ini telah menjadi sebuah lautan informasi (ikan), banyak sekali ikan yang bisa dipancing, ikan yang menyehatkan maupun ikan yang meracuni jika kita mengkonsumsinya. Dan pastinya ikan-ikan tersebut hanya bisa dipancing jika kita berani mengarungi lautannya. Kita dan anak-anak tanpa disadari saat ini telah berada di dalam lautan ikan tersebut kita sebut saja Social Media , Portal Berita, Game Online, Game Mobile, Kursus Online, Kuliah Online, Pesan Layanan Online, dan lain sebagainya. Dan banyak juga yang tidak sadar bahwa ikan-ikan yang kita konsumsi adalah ikan-ikan yang meracuni.

“Pencegahan juga bisa diartikan sebagai tindakan pengarahan”,

Didalam sebuah seminar parenting yang bertema “Mengenali & Mengatasi Kecanduan Anak Pada Internet, Pornografi dan Games Online” yang dibawakan oleh Elly Risman Psi pada tanggal 13 Agustus 2016 di Lippo Cikarang, peran orang tua harus menjadi garda terdepan dalam menghadapi perkembangan ini, tindakan pencegahan adalah menjadi salah satu prioritas yang perlu dilakukan. Pencegahan bukan berarti penghindaran dan pembatasan, pencegahan juga bisa diartikan sebagai tindakan pengarahan.

“Menggali Potensi Positif Digital Life untuk Anak”,

Berbagam macam cara untuk menggali potensi positif digital life anak dapat dilakukan, mulai dari memilih permainan yang bergenre edukasi dan kreatifitas hingga melibatkan mereka pada kegiatan-kegiatan pendidikan yang lebih serius untuk menggali pengetahuan tentang dunia digital seperti Algoritma, Aplikasi Komputer dan bagaimana Internet bekerja.

half_size_com-1470416815
“Computational thinking is a fundamental skill for everyone, not just for computer scientists. To reading, writing, and arithmetic, we should add computational thinking to every child’s analytical ability.”, www.edsurge.com,

 

Memahami cara kerja Internet akan membuat anak lebih mawas diri berinteraksi dengan Internet sehingga membantu mereka untuk memilih materi yang positif dan menghindari materi negatif.

 

Dunia digital juga tidak lepas dari peran sebuah konsep kerja komputer, dengan belajar ilmu komputer dapat membantu anak untuk mengenal CARA BERPIKIR SISTEMATIS, mengenal tentang CARA PEMECAHAN MASALAH, dan MENDORONG KREATIFITAS. “Computational Thinking

 

Dengan memahami kerja Internet dan kerja komputer khususnya pemograman komputer, anak dapat didorong untuk menjadi seorang pembuat aplikasi komputer yang dapat berkreasi untuk memecahkan masalahnya maupun masalah orang banyak. “Coding

Butuh informasi lebih jauh silahkan hubungi kami, dapatkan beragam permainan bergenre edukasi ilmu komputer dan tips parental control pada perangkat digital anak Anda !!

atau kursus untuk buah hati Anda : Dasar Pemograman Umum 8-18 Tahun

Materi ini ditulis oleh LogicFourty, Lembaga kursus komputer yang berfokus pada Software Development dan Internet Of Things.

Berlokasi di Ruko Permata No. 17 Taman Lembah Hijau Lippo Cikarang Bekasi.

 

 

Saatnya belajar coding

…Coding atau istilah lain dari pemograman komputer saat ini sedang ramai-ramainya dibicarakan. Beragam gerakan sedang dilakukan diberbagai negara didunia yang salah satunya adalah Indonesia. Gerakan memperkenalkan coding muncul seiring dengan pesatnya laju perkembangan teknologi informasi saat ini mulai dari perkembangan robotika, internet, perangkat lunak dan bahkan berbagai perangkat bergerak lainnya seperti handphone misalnya.

Coding itu mudah !

Sebagian besar orang melihat bahwa coding itu adalah skill yang cukup sulit dipelajari, harus mengerti matematika dan pelajaran sulit lainnya. Itu dulu !

sctrach-di-cikarangMempelajari coding saat ini menjadi sangat mudah dibandingkan beberapa tahun lalu, berbagai sumber telah tersedia diberbagai tempat mulai dari buku, internet maupun kursus. Modal utamanya adalah kemauan dan pantang meyerah, karena coding bukan hapalan tetapi adalah keahlian yang perlu selalu dilatih untuk menjadi semakin tajam dan ahli.

Belajar coding juga bukan menjadi wilayah orang dewasa saja, tetapi saat ini coding bisa diperkenalkan sejak anak mulai belajar mengenal bahasa. Berbagai alat bantu telah dikembangkan sehingga belajar coding sangat mengasyikan baik untuk anak-anak dan orang dewasa. Tapi tentu saja bukan semerta-merta bisa belajar sendiri, kadang kala ini pun perlu bantuan pembimbing untuk memahaminya.

Kenapa saat ini Anda dan anak-anak perlu belajar coding ?

  • Meningkatkan karier Anda tanpa harus kembali ke universitas.

Belajar coding melalui jalur kursus memberikan pilihan yang hemat, ini dapat dipelajari dalam hitungan 3-6 bulan dibandingkan ke universitas yang memakan waktu minimal 4 tahun.

  • Akan ada banyak peluang kerja berkaitan dengan pemogramman komputer dibanding ketersediaan programmer.

Revolusi teknologi telah mendorong banyak inovasi dibidang teknologi informasi yang membutuhkan tenaga-tenaga programmer untuk mengekplorasinya.

  • Mempertahankan pekerjaan Anda.

Dengan memiliki keahlian pemogramman komputer ini akan dapat membantu untuk mempertahankan karier Anda yang menuntut kemampuan tersebut dimasa depan.

  • Memiliki pleksibilitas kerja yang lebih tinggi.

Banyak pekerjaan yang berkaitan dengan pemogramman komputer dapat dilakukan tanpa dibatasi ruang dan waktu. Bekerja bersama-sama secara virtual dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.

  • Tingkatkan Gaji dan pendapatan Anda.

Tentukan peminatan Anda, apapun bidang pekerjaan Anda umumnya ini akan berkaitan dengan sistem informasi dan teknologi komputer.

  • Penghematan yang besar ketika Anda memulai sebuah bisnis.

Memulai sebuah bisnis dapat menjadi sangat mahal ketika memperkerjakan tenaga programmer untuk membantu menyiapkan sistem di perusahaan Anda.

  • Memahami lebih jauh berkaitan dengan bisnis Anda.

Belajar coding akan membantu Anda memahami berbagai aspek teknologi terhadap berjalannya bisnis Anda, dan memudahkan Anda berkomunikasi dengan team teknologi.

Segera kursus pemogramman  komputer..!!

Materi ini ditulis oleh LogicFourty, Lembaga kursus komputer yang berfokus pada Software Development dan Internet Of Things.

Berlokasi di Ruko Permata No. 17 Taman Lembah Hijau Lippo Cikarang Bekasi.

Around the world, 7 million administrative jobs could disappear due to technological change in the next five years

Around the world, 7 million administrative jobs could disappear due to technological change in the next five years.

Diseluruh dunia, 7 juta pekerjaan administrasi berpotensi hilang karena perubahan teknologi dalam 5 tahun kedepan.

Dalam sebuah tulisannya Vikas Pota, CEO Varkey Foundation menjelaskan bahwa berdasarkan data survey yang dilakukan oleh The World Economy Forum’s terhadap 15 petinggi negara dengan ekonomi terbesar di dunia, kita telah memasuki era Revolusi Industri yang ke empat, dimana diseluruh dunia, 7 juta pekerjaan administrasi berpotensi hilang karena perubahan teknologi dalam 5 tahun kedepan. Pekerjaan-pekerjaan administratif akan tergantikan dengan teknologi robotics, automatisasi serta Artificial Intelligence. Lihat perkembangan teknologi Machine Learning.2020-skill-top10

Ekonomi dimasa depan akan membutuhkan kemampuan skill yang kuat, dimana ini masih menjadi kelemahan didalam dunia pendidikan saat ini. Diawal tahun ini, sepulang dari Eropa, Presiden Indonesia Joko Widodo meminta Menteri Pendidikan untuk merumuskan kurikulum pendidikan (Lihat pidato Menteri Pendidikan) yang mendorong lulusannya siap bekerja “Work-Ready Labour Force”.

Literasi dasar menjadi komponen kemampuan abad 21 yang perlu kita perhatikan
berikutnya. Literasi dasar memungkinkan anak-anak meraih ilmu dan kemampuan
yang lebih tinggi serta menerapkannya kepada kehidupan hariannya. Bila selama ini kita berfokus pada literasi baca-tulis dan berhitung yang masih harus kita perkuat, maka kini kita perlu pula memperhatikan literasi sains, literasi teknologi, literasi finansial dan literasi budaya.

Pidato Menteri Pendidikan 2 Mei 2016,

 

Dikutip dari : world-economic-forum

Materi ini ditulis oleh LogicFourty, Lembaga kursus komputer yang berfokus pada Software Development dan Internet Of Things.

Berlokasi di Ruko Permata No. 17 Taman Lembah Hijau Lippo Cikarang Bekasi.