Around the world, 7 million administrative jobs could disappear due to technological change in the next five years.

Diseluruh dunia, 7 juta pekerjaan administrasi berpotensi hilang karena perubahan teknologi dalam 5 tahun kedepan.

Dalam sebuah tulisannya Vikas Pota, CEO Varkey Foundation menjelaskan bahwa berdasarkan data survey yang dilakukan oleh The World Economy Forum’s terhadap 15 petinggi negara dengan ekonomi terbesar di dunia, kita telah memasuki era Revolusi Industri yang ke empat, dimana diseluruh dunia, 7 juta pekerjaan administrasi berpotensi hilang karena perubahan teknologi dalam 5 tahun kedepan. Pekerjaan-pekerjaan administratif akan tergantikan dengan teknologi robotics, automatisasi serta Artificial Intelligence. Lihat perkembangan teknologi Machine Learning.2020-skill-top10

Ekonomi dimasa depan akan membutuhkan kemampuan skill yang kuat, dimana ini masih menjadi kelemahan didalam dunia pendidikan saat ini. Diawal tahun ini, sepulang dari Eropa, Presiden Indonesia Joko Widodo meminta Menteri Pendidikan untuk merumuskan kurikulum pendidikan (Lihat pidato Menteri Pendidikan) yang mendorong lulusannya siap bekerja “Work-Ready Labour Force”.

Literasi dasar menjadi komponen kemampuan abad 21 yang perlu kita perhatikan
berikutnya. Literasi dasar memungkinkan anak-anak meraih ilmu dan kemampuan
yang lebih tinggi serta menerapkannya kepada kehidupan hariannya. Bila selama ini kita berfokus pada literasi baca-tulis dan berhitung yang masih harus kita perkuat, maka kini kita perlu pula memperhatikan literasi sains, literasi teknologi, literasi finansial dan literasi budaya.

Pidato Menteri Pendidikan 2 Mei 2016,

 

Dikutip dari : world-economic-forum

Materi ini ditulis oleh LogicFourty, Lembaga kursus komputer yang berfokus pada Software Development dan Internet Of Things.

Berlokasi di Ruko Permata No. 17 Taman Lembah Hijau Lippo Cikarang Bekasi.

Leave a Reply